Senin, 09 September 2024

Jelang Pilkada, Polres Sinjai Intensifkan Patroli KRYD untuk Pastikan Keamanan


Sinjai - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Polres Sinjai terus melakukan berbagai upaya preventif guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Sinjai. 

Salah satu langkah konkret yang diambil adalah dengan mengintensifkan patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), yang difokuskan pada area-area yang dianggap rawan serta pusat-pusat keramaian.

Kapolres Sinjai AKBP Harry Azhar SH., S.Ik., MH melalui Kasat Samapta Akp Asbudi Tonis, S.Sos menjelaskan bahwa peningkatan patroli ini merupakan bagian dari langkah antisipasi untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi apalagi menghadapi Pilkada serentak.

Menurutnya, keamanan selama tahapan Pilkada adalah prioritas utama agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan damai dan lancar. ujarnya.

"Kami melakukan berbagai langkah untuk memastikan situasi tetap kondusif. Salah satunya dengan meningkatkan intensitas patroli KRYD di berbagai titik strategis, terutama di tempat-tempat yang berpotensi menjadi lokasi terjadinya gangguan Kamtibmas," jelasnya.

Pada Minggu malam (8/9/2024), Sat Samapta Polres Sinjai kembali menggelar patroli di beberapa objek vital, pusat keramaian dan kawasan pemukiman yang dianggap rawan terjadinya gangguan. 

Patroli ini dilakukan tidak hanya pada malam hari, tetapi juga siang hari dengan tujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Patroli KRYD tidak hanya sekadar kehadiran polisi di tengah tengah masyarakat, namun juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk menjalin komunikasi antara pihak kepolisian dan warga.

"Kami selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga ketertiban. Patroli ini juga bertujuan untuk meredam potensi konflik dan memberikan pesan agar masyarakat tidak mudah terpancing oleh provokasi," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam setiap kesempatan patroli, personel Polres Sinjai senantiasa memberikan imbauan kepada warga agar berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungannya. Menurutnya, sinergi antara polisi dan masyarakat merupakan kunci utama dalam menciptakan suasana yang aman, terutama di masa-masa menjelang Pilkada yang penuh dengan dinamika politik.

Peningkatan patroli KRYD ini juga didukung oleh seluruh Polsek yang berada dijajaran Polres Sinjai. 

Kapolres Sinjai AKBP Harry Azhar SH., S.Ik., M.Si mengarahkan setiap Polsek untuk aktif melakukan patroli di wilayah masing-masing, khususnya di daerah-daerah yang dianggap rawan. Setiap Polsek diinstruksikan untuk segera merespons jika ada laporan dari masyarakat mengenai adanya potensi gangguan keamanan.

“Kami telah menginstruksikan seluruh Polsek jajaran agar selalu siaga dan meningkatkan patroli KRYD di wilayah masing-masing. Semua tindakan preventif ini kami lakukan demi menjaga stabilitas dan ketertiban selama tahapan Pilkada berlangsung,” ungkapnya.

Kapolres Sinjai juga berharap agar dengan adanya patroli KRYD yang intensif ini, masyarakat dapat merasakan langsung kehadiran polisi dalam menjaga keamanan. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan serta dalam menciptakan suasana yang aman, damai, dan kondusif.

“Dengan kerjasama yang baik antara kepolisian dan masyarakat, saya optimis Pilkada Serentak 2024 di Sinjai dapat berjalan dengan aman dan lancar. Masyarakat harus tetap menjaga persatuan, jangan mudah terpecah oleh isu-isu yang belum tentu kebenarannya,” tutupnya.

Dengan adanya peningkatan patroli KRYD, Polres Sinjai berkomitmen untuk terus menjaga situasi yang aman dan tertib, sehingga pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Sinjai dapat berlangsung aman, damai dan kondusif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar