Senin, 02 September 2024

Perwira Lantas Polres Sinjai Serentak Jadi Pembina Upacara di Sekolah, Tekankan Pentingnya Keselamatan Berlalu Lintas


Sinjai - Dalam upaya meningkatkan kesadaran berlalu lintas di kalangan pelajar, jajaran Perwira Lalu Lintas Polres Sinjai menggelar kegiatan serentak sebagai pembina upacara di berbagai sekolah di Kabupaten Sinjai, Senin pagi (2/9/2024). 

Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Polres Sinjai untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berlalu lintas di kalangan generasi muda.

Adapun perwira yang bertindak sebagai pembina upacara di sekolah-sekolah tersebut antara lain Kasat Lantas Polres Sinjai AKP Muh. Arsyad yang menjadi pembina upacara di SMA Negeri 1 Sinjai, Kaur Bin Ops Lantas IPTU Agus Sofyan yang bertugas di SMA Negeri 5 Sinjai.

Selain itu, Kanit Regident Sat Lantas IPTU Mulyadi yang menjadi pembina upacara di SMK Negeri 1 Sinjai, Kanit Gakkum Sat Lantas IPDA Sudirman yang memimpin upacara di SMA Negeri 10 Sinjai, dan Kanit Kamsel Sat Lantas IPDA Askar yang bertugas di MAN 1 Sinjai.

Dalam upacara tersebut, setiap perwira memberikan pesan penting mengenai keselamatan berlalu lintas. Pesan ini disampaikan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa mengenai pentingnya pengetahuan berlalu lintas agar tertanam perilaku hati-hati saat beraktivitas di jalan. Dan mematuhi segala peraturan berlalu lintas.

Dalam amanatnya, Kasat Lantas AKP Muh. Arsyad di SMA Negeri 1 Sinjai menekankan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas, terutama penggunaan helm berstandar SNI saat berkendara. “Helm bukan hanya pelindung kepala, tetapi juga sebagai wujud kepatuhan kita terhadap peraturan. Gunakanlah helm yang sesuai standar, jangan tergiur menggunakan knalpot brong yang mengganggu kenyamanan berkendara,” ujarnya di hadapan para siswa.

Selain itu, ia juga mengingatkan para siswa untuk selalu berhati-hati saat berkendara, menghindari perilaku ugal-ugalan, serta tidak berboncengan lebih dari satu orang. “Keselamatan kalian adalah yang utama. Hindarilah perilaku ugal-ugalan di jalan, dan jangan pernah berboncengan lebih dari satu orang. Itu sangat berbahaya, baik bagi kalian maupun pengguna jalan lainnya yang terpenting jangan mengendarai kendaraan jika tidak memiliki SIM,” tambahnya.

Sementara itu, KBO Sat Lantas IPTU Agus Sofyan yang bertugas di SMA Negeri 5 Sinjai, menyampaikan pesan serupa dan mengingatkan para siswa untuk selalu mematuhi tata tertib di sekolah serta menghindari perilaku yang bisa memicu tawuran antar pelajar. “Kalian adalah harapan bangsa. Jangan terjebak dalam perilaku yang merugikan diri sendiri dan orang lain, seperti tawuran antar pelajar. Fokuslah pada pendidikan dan masa depan kalian,” tegas IPTU Agus Sofyan.

Di SMK Negeri 1 Sinjai, IPTU Mulyadi menekankan pentingnya mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas. Ia menyatakan bahwa dengan selalu waspada dan mematuhi aturan, kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban dapat diminimalisir. “Kita semua ingin pulang ke rumah dengan selamat. Oleh karena itu, jadikan keselamatan sebagai prioritas utama ketika berada di jalan,” kata IPTU Mulyadi.

Kanit Gakkum IPDA Sudirman yang memimpin upacara di SMA Negeri 10 Sinjai, serta Kanit Kamsel IPDA Askar di MAN 1 Sinjai, juga menyampaikan pesan yang senada. Mereka mengajak seluruh siswa untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Kegiatan pembinaan upacara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para siswa, sehingga mereka lebih sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Dengan demikian, angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sinjai dapat diminimalisir, dan generasi muda dapat tumbuh menjadi individu yang taat dan patuh aturan berlalu lintas demi keselamatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar