Minggu, 29 September 2024

Polres Sinjai Bersama TNI Kodim 1424 Sinjai Gelar Patroli Gabungan Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak


Sinjai - Sebagai langkah antisipasi gangguan kamtibmas di tengah tahapan kampanye Pilkada Serentak 2024, Kepolisian Resor Sinjai bekerja sama dengan TNI dari Kodim 1424 Sinjai, menggelar patroli gabungan di wilayah Kabupaten Sinjai. 

Patroli yang berlangsung pada Sabtu malam (28/9/2024) ini bertujuan menciptakan situasi aman dan kondusif, sehingga tahapa Pilkada dapat berjalan lancar tanpa gangguan.

Kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Kabag Ops Polres Sinjai, Kompol Sunyoto, S.Sos dan sebelum pelaksanaan patroli diawali dengan apel kesiapan dipimpin oleh Paws Ipda Agus Salim dan diikuti oleh personel gabungan dari Polres Sinjai, Brimob Bataliyon C Bone serta dari TNI Kodim 1424 Sinjai. 

Patroli difokuskan di sejumlah titik keramaian di Kota Sinjai, termasuk objek vital (kantor penyelenggara Pilkada), warkop, serta tempat-tempat di mana warga berkumpul.

Kapolres Sinjai AKBP Harry Azhar  SH., S.Ik., MH melalui Kabag Ops Polres Sinjai Kompol Sunyoto, S.Sos mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menciptakan kondisi aman dan tertib selama berlangsungnya tahapan Pilkada Serentak terutama pada tahap kampanye yang saat ini sudah dimulai.

“Patroli gabungan ini diadakan sebagai bentuk peningkatan sinergitas antara TNI dan Polri untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi masyarakat selama tahapan Pilkada. Langkah ini diambil sebagai upaya antisipasi terhadap potensi gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu jalannya Pilkada,” ujarnya.

Menurutnya, sinergitas antara Polri dan TNI sangat penting dalam menciptakan stabilitas keamanan, terlebih di masa-masa krusial seperti Pilkada. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menekankan bahwa dengan adanya patroli gabungan, pihaknya ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat, sekaligus memastikan bahwa semua tahapan Pilkada berjalan dengan tertib dan lancar, serta situasi tetap kondusif.

Selain melakukan patroli, personel gabungan Polres Sinjai dan TNI Kodim 1424 Sinjai juga mengadakan stasioner di beberapa titik strategis. Mereka menyambangi objek-objek vital dan berinteraksi langsung dengan masyarakat yang berkumpul, seperti di warkop, untuk memberikan imbauan terkait pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada.

"Kami mengimbau masyarakat untuk turut serta menjaga situasi yang kondusif, tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu negatif yang dapat mengganggu proses demokrasi ini. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan Pilkada yang damai dan kondusif," tambahnya.

Lebih lanjut, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari upaya preventif yang dilakukan Polres Sinjai dalam menjaga stabilitas keamanan selama tahapan Pilkada.

“Kami akan terus melakukan patroli gabungan secara rutin, terutama pada tahap kampanye yang rawan dengan gangguan kamtibmas. Harapannya, kegiatan ini dapat mencegah adanya potensi konflik atau gangguan yang dapat mengganggu kelancaran tahapan Pilkada,” tuturnya.

Dengan adanya patroli gabungan ini, diharapkan situasi kamtibmas di Kabupaten Sinjai selama tahapan Pilkada Serentak 2024 dapat terus terjaga dengan baik. Patroli gabungan ini juga diharapkan mampu memperkuat sinergitas antara TNI dan Polri dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sekaligus menjaga stabilitas keamanan demi terciptanya Pilkada yang damai, aman, dan kondusif di wilayah hukum Polres Sinjai.

Patroli gabungan ini akan terus dilakukan dengan harapan situasi di wilayah Kabupaten Sinjai tetap aman, damai, dan jauh dari gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu proses demokrasi di Kabupaten Sinjai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar