Sabtu, 07 September 2024

Jelang Pilkada Serentak, Polres Sinjai Perkuat Patroli KRYD untuk Cegah Gangguan Kamtibmas


Sinjai - Menjelang Pilkada 2024, Kapolres Sinjai AKBP Harry Azhar, SH., S.Ik., MH, bersama jajarannya fokus pada menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukumnya.

Berbagai langkah telah diambil untuk memastikan situasi tetap kondusif, salah satunya adalah meningkatkan patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) oleh Satuan Samapta Polres Sinjai begitupun dengan Polsek jajaran.

Pada Jum'at malam (6/9/2024), patroli KRYD kembali dilakukan dengan menyasar beberapa objek vital dan tempat keramaian, serta area yang dinilai rawan terjadinya gangguan Kamtibmas. 

Kapolres Sinjai AKBP Harry Azhar SH., S.Ik., MH melalui Kasat Samapta AKP Asbudi Tonis, S.Sos menekankan bahwa patroli tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat sekaligus mencegah potensi gangguan keamanan selama tahapan Pilkada.

"Patroli ini dilakukan secara berkala dan ditingkatkan menjelang Pilkada untuk meminimalisir potensi gangguan. "Patroli ini bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi langkah strategis Polres Sinjai untuk menjaga situasi tetap aman menjelang Pilkada serentak 2024," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa patroli KRYD bukan hanya soal kehadiran fisik anggota Polisi di lapangan. Personel juga aktif berkomunikasi dengan masyarakat, menyampaikan imbauan agar bersama-sama menjaga keamanan dan menghindari tindakan provokatif yang dapat memicu konflik. tuturnya.

"Menjaga keamanan menjelang Pilkada bukan tugas kepolisian semata, tetapi peran serta masyarakat sangat penting. Kami selalu mengingatkan kepada warga agar tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab," tambahnya.

Pilkada 2024 diperkirakan akan menjadi momen penting bagi masyarakat Sinjai. Dengan kompetisi politik yang semakin ketat, risiko terjadinya gesekan di kalangan pendukung pasangan calon kepala daerah bisa saja terjadi. Oleh karena itu, patroli KRYD dilakukan untuk mendeteksi potensi konflik sejak dini dan meredamnya sebelum berkembang menjadi ancaman bagi keamanan masyarakat.

Dalam pelaksanaan patroli KRYD, personel Polres Sinjai juga memberikan pesan moral kepada masyarakat untuk terus menjaga kerukunan, khususnya di lingkungan tempat tinggal mereka. Kehadiran polisi dalam kegiatan tersebut diharapkan mampu membangun kedekatan antara aparat keamanan dan masyarakat.

"Kami berharap, dengan adanya patroli rutin ini, masyarakat merasa lebih aman dalam aktivitasnya. Kami juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga ketertiban umum. Laporkan segera kepada kami jika ada kegiatan yang mencurigakan atau berpotensi memicu gangguan Kamtibmas," jelasnya.

Dengan sinergi antara Polres Sinjai dan masyarakat, diharapkan suasana menjelang Pilkada 2024 tetap aman, damai, dan kondusif. Partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat menjadi kunci suksesnya pelaksanaan Pilkada yang aman, damai dan sejuk di Sinjai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar