Jumat, 25 Agustus 2023

Kapolres Sinjai Bersama Forkopimda Mencoba Permainan Tradisional Saat Hadiri Pembukaan


Sinjai - Kepala Kepolisian Resor Sinjai, Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) Fery Nur Abdulah, S.Ik menghadiri pembukaan Festival Permainan Tradisional Budaya yang dilaksanakan oleh PKBM Todilaling Bertempat di Pelataran Stadion H. Andi Bintang, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Jum'at (25/8/2023).

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH.,LLM dan turut dihadiri oleh Bunda PAUD Sinjai Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, para Forkopimda, Kepala OPD, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sinjai Rini Andi Jefrianto Asapa dan para Kepala Sekolah.

Kapolres Sinjai bersama forkopimda tidak menyianyiakan kesempatan untuk mencoba permainan tradisional, tampak dalam kegiatan, Kapolres Sinjai bersama Bupati Sinjai dan Dandim 1424 Sinjai ikut berbaur mencoba berbagai macam permainan tradisional.

Beberapa permainan tradisional yang dicoba oleh Kapolres Sinjai Sinjai seperti Madende (Mabbelle), Ma’longgak (Engrang), lompat Karet, Terompah dan Lompat Bambu.

Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH.,LLM mengatakan,aneka permainan tradisional saat ini harus dilestarikan. Selain sebagai khazanah kebudayaan, juga menjadi media edukasi yang efektif untuk melatih kebersamaan dan kekompakan.

“Permainan seperti ini sekarang sudah mulai hilang atau tidak lagi dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang, mereka sudah mulai berpindah dari permainan tradisional menuju permainan modern melalui gadget,” ucapnya.

Bupati Sinjai berharap permainan ini tidak hanya dilakukan kali ini saja namun juga dapat diagendakan secara rutin sehingga permainan dan budaya ini dapat dilestarikan hingga masa yang akan datang. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar